Uang Kuliah Tunggal

UKT Hitam PutihGambar ini salah satu karya saya lagi di BPPM Balairung. Saya tidak ingat persisnya karya keberapa.

Saya ditugaskan untuk membuat ilustrasi bebas. Karena waktu itu topik yang lagi hot nya adalah masalah UKT atau Uang Kuliah Tunggal, jadi saya memutuskan untuk menggambar tentang UKT.

Apa yang kalian ketahui tentang UKT? Setahu saya UKT atau kepanjangannya adalah Uang Kuliah Tunggal merupakan sistem pembayaran kuliah baru baru bagi mahasiswa. Jadi intinya, kita tidak akan mengenal sistem pembayaran uang masuk yang jumlahnya besar. Akan tetapi, total biaya perkuliahan tersebut nanti akan dibagi rata ke tiap semesternya dan besarnya tergantung mahasiswa dimasukkan kelompok yang ke berapa. Saya sendiri kurang tahu bagaimana sistem pembagian kelompok pembayarannya. Yang pasti, sistemnya didasarkan pada penghasilan orang tua.

Setuju atau tidak? Silahkan pikirkan sendiri.

Kembali ke gambar saya. Di gambar itu terlihat seorang anak sedang menatap bingung ke arah timbangan UKT. Banyak sisi positif atau negatifkah dari sistem terbaru tersebut? Ibaratkan saja anak itu adalah seorang calon mahasiswa baru dan sedang bingung memilih jurusan apa, karena biaya UKT setiap jurusan berbeda-beda. Jangan ditanya mana yang paling tinggi. Saya rasa semua orang juga sudah tahu.

Selesai gambar hitam putih buatan saya, saya segera mengirimkan file gambarnya ke editor saya. Saya dibuat bingung karena tiba-tiba saja, editor saya menyuruh saya untuk mewarnai gambar ini. Bagaimana mau mewarnai kalau pensil warna, crayon, atau cat air saja tidak ada?

Akhirnya, berbekal kemampuan photoshop saya yang pas-pasan serta tutorial dari sebuah web, saya mencoba mewarnai gambar ini.

Dan inilah hasilnya.

UKTMengenai bagus atau tidaknya gambar saya silakan hiraukan dan nikmati saja ^^

Leave a comment